Pendamping PKH mengadakan sesi sosialisasi tingkat Desa tentang pemanfaatan Butab dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) agar dapat dipegang dan dimanfaatkan sendiri oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang bersangkutan.

Dalam sesi sosialisasi ini, Pendamping PKH menjelaskan pentingnya memberdayakan KPM agar dapat mengelola Butab dan KKS mereka sendiri sehingga aparat Desa tahu apabila terjadi penyalahgunaan oleh oknum maka Pendamping PKH dan aparat Desa bisa Bersama-sama ikut mencegah terjadinya hal tersebut. Pendamping memberikan simulasi panduan tentang cara menggunakan kartu dan uang tunai dengan bijak, termasuk penggunaan yang sesuai dengan tujuan program PKH.

Pendamping PKH juga menekankan bahwa tujuan program ini adalah untuk memberdayakan KPM agar lebih mandiri secara ekonomi. Dengan memiliki kendali atas bantuan yang mereka terima, KPM dapat merencanakan penggunaan uang tunai dan sumber daya lainnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga mereka, seperti pendidikan, kesehatan, dan perkembangan ekonomi.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada semua aparat Desa agar bisa bersinergi dengan pendamping PKH untuk Bersama-sama mensosialisasikan kepada KPM tentang hak dan tanggung jawab mereka dalam mengelola bantuan yang mereka terima. Dengan demikian, mereka dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga KPM dan lebih mandiri dalam mencapai tujuan keuangan mereka.



Comments

Popular posts from this blog